Sabtu, 29 Oktober 2011


Mari Berqurban di Ambarawa dan Wilayah Pendangkalan Akidah


A. PENDAHULUAN

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الأنْعَامِ فَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ
Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Ilah (sembahan) Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah) (QS Al Hajj/22: 34)
 
إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ  , فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
”Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Rabbmu dan ber-kurban-lah.” (QS. Al Kautsar : 1-2)

Kecamatan Ambarawa adalah sebuah kota pasar yang terletak di antara Semarang dan Salatiga. Kecamatan ini terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. (http://id.wikipedia.org/wiki/Ambarawa,_Semarang)


Dengan luas area 56,11 km² dan jumlah penduduk 80.801 jiwa, Ambarawa memiliki sejarah panjang terkait dengan perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda dan Jepang. Peninggalan penjajah yang nampak hingga kini adalah museum kereta api, benteng Belanda di Pojoksari dan gereja jago peninggalan penjajah.

Di Ambarawa banyak berdiri gereja besar dan kecil, hampir di setiap kelurahan telah berdiri gereja dan tempat kebaktian. Hal ini ditambah minimnya pengetahuan agama dan benteng akidah kaum muslim yang belum kokoh, menjadikan sebagian masyarakat berpindah agama. Tidak sedikit masyarakat menjual kemiskinan dan perkara duniawi lainnya sebagai alasan  perpindahan agama tersebut.
Terdorong keprihatinan yang mendalam, dengan mengharapkan ridho Alloh Ta'ala sebagian kaum muslimin merasa terdorong untuk berperan nyata dalam membantu masyarakat untuk lebih mengenal Islam dan mengamalkannya sesuai tuntunan Rasululloh Shalallohu alaihi wassalam dan mencontoh para sahabat beliau.
Selain telah melaksanakan kegiatan pendidikan (TPA, TKIT/ PAUD, SDIT IBNU MAS'UD dan kursus keterampilan), Yayasan Al Ummah Ambarawa, menjadi salah satu lembaga kegiatan dakwah dan sosial kemanusiaan umat Islam di Ambarawa.
Dakwah melalui jalur sosial kemanusiaan merupakan cara efektif untuk mambantu menyelesaikan problem umat. Di antara program yayasan adalah beasiswa pendidikan anak yatim, santunan anak yatim, TPA gratis dan panti asuhan yatim, serta pendistribusian daging qurban untuk anak yatim dan fakir miskin.

Pada momen Idul qurban tahun ini Yayasan Al Ummah dengan tulus ikhlas semata-mata  mengharapkan ridho dari Allah Ta'ala, kami mengetuk hati Bapak/ Ibu sekalian, kaum muslimin untuk mengambil kesempatan emas ini, yaitu momen Hari Raya Qurban ini untuk menyisihkan sebagian dari rizki dan nikmat yang telah Allah anugrahkan kepada Bapak/ Ibu untuk saudara-saudara kita yang kurang mampu dan sangat membutuhkannya.
Dan momentum ini sebagai tanda bukti rasa syukur kita kepada Allah sebagaimana Allah telah berfirman  “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. Surat Ibrahim (14) ayat 7.

Masih Banyak saudara muslim kita di pelosok desa sekitar Ambarawa yang hidup jauh di bawah kemiskinan, kemelaratan dan kekurangan. Jangankan untuk menikmati lezatnya sepotong daging, untuk sekedar makan nasi campur garam guna mengganjal perut saja mereka susah untuk memenuhinya. Bagi mereka, daging adalah suatu barang mewah yang mungkin mereka hanya berharap dapat manikmatinya sekali dalam setahun, yaitu pada hari raya qurban. Mereka menjadikan hari raya qurban ini adalah saat-saat yang paling dinantikan. Oleh karena itu, marilah kita sambut penantian panjang saudara-saudara kita tersebut. Janganlah kita biarkan mereka merasa sedih dan hampa di hari baik dan mulia ini.

B. INFO HEWAN QURBAN
No
Qurban
Berat
Harga @

1
Kambing / Domba
± 23 Kg
Rp 1.200.000,-
2
Sapi
± 250 Kg
Rp 9.800.000,-
3
Sapi Kolektif
± 250 Kg
Rp 1.400.000,-
*) Harga tersebut sudah termasuk; biaya pemotongan hewan, operasional serta biaya distribusi/ penyaluran ke pelosok desa



C. PELAKSANAAN

NoKegiatanTanggal Pelaksanaan
1PendanaanSampai 7 Nopember 2011
2Penyembelihan10-12 Dzulhijjah/ 6-8 Nopember 2011
3Penyaluran (kepada yang berhak)10-12 Dzulhijjah




D. CARA MUDAH BERQURBAN
1. Jemput hewan Qurban (Untuk Ambarawa dan sekitarnya)
Hubungi kami SMS/ telepon (082137860274/ 08179531872/ 0298-594616) untuk konfirmasi penjemputan donasi qurban Anda. Kami siap memberikan pendampingan dan penjemputan dana/ hewan Qurban .
2. Kunjungan ke kantor
Kunjungi kantor kami di SDIT Ibnu Mas'ud, Jl. Mgr. Sugiyopranoto km 3, Ngampin Ambarawa
3. Transfer Bank
BANK
Nomer Rekening
608701.002889.531
an. Yayasan Al Ummah

BNI Syariah
0184127630
an. Edi Santoso

Bank BCA
3200224557
an. Abdul Malik

Muamalat
912-9309799  an. Rochmadi
Setelah transfer, dimohon konfirmasi melalui SMS ke: 0821 3786 0274 dengan format:

QURBAN#nama#alamat#jenis qurban#nama bank#tgl transfer#qurban atas nama

Contoh : QURBAN#ADI#Jl. A.YANI 12 Jkt#Sapi#BNI#3 Oct#ADI bin EKO



 Alhamdulillah atas kemurahan dari Alloh kemudian bantuan dari dermawan, saat ini anak yatim di Ambarawa yang telah mendapatkan beasiswa pendidikan gratis sebanyak 7 anak, semoga Alloh memudahkan langkah kita dalam kebaikan. amin


E. INFORMASI DAN KONSULTASI
SDIT Ibnu Mas'ud Ambarawa
Jl. Mgr. Sugiyopranoto km 3, Ngampin, Ambarawa, Kab. Semarang
Telp. : (
0298) 594616/ 08179531872
SMS : 0821 3786 0274
website : sditambarawa.blogspot.com

email     : sholihkids@gmail.com

1 komentar: